Entri Populer

Senin, 21 November 2011

mengelola uang saku untuk prioritas kebutuhan





Kayaknya asyik ya, kalau liburan dihabiskan dengan shopping di mall, beli sepatu, baju, tas, dan barang-barang yang bagus lainnya. Belanja sih boleh aja, tapi belanjanya sewajarnya aja, jangan lebay, laper mata, liat yang lucu dikit dibeli. Hadeuuuuhh ini mah namanya pemborosan. Apalagi buat anak kost, banyak prioritas yang lebih penting yang juga memerlukan budget ga sedikit. Setidaknya kita harus bijaksana tuh kalau mengatur keuangan, jangan sampai pas lagi ada kebutuhan yang urgent banget, tapi kita ga ada uang. Ujung-ujungya nodong ke ayah ibu sendiri. Lha kalo pas mereka ada duit, kalau ga ada? Mau nekat minta secara paksa? (kayak lintah darat) atau mau cari pinjeman sana-sini????
So, kalau emang kita bukan tipe orang yang sulit ngatur isi dompet. Kita coba yuk mengatur isi dompet kita dari sekarang. Setidaknya kita harus lebih bijaksana dalam mengatur keuangan kita. Nih gw punya beberapa jurus yang mau gw bagi biar kita bisa mengatur isi dompet kita.

1. PENUH PERHITUNGAN 
Sulit bagi tipe orang boros melakukan perhitungan sebelum belanja, karena udah terbiasa. Tapi ga berarti kalian ga bisa usaha melakukannya. Kalau kalian ada usaha untuk melakukannya pasti ada jalan . tapi ga berarti juga kalian harus jadi orang pelit kok, heheh

Penuh perthitungan itu maksudnya biar kalian betul-betul tepat dalam menggunakan uang. Jadi, kita ga seenaknya asal pake uang. Asal ada duit aja langsung beli ini itu, nanti pas ada kebutuhan yang mendesak kalian ga ada duit pegangan. Jadinya nabrak sana-sini, kan maluuuu.
Kita juga harus bijaksana dalam menggunakan uang. Jangan selalu meminta bonyok tiap kita kehabisan uang saku. Ini akan membuat kita menjadi orang yang tidak bertanggung jawab dan seenaknya menggunakan uang, tanpa memikirkan kerja keras orang tua kita dalam mencari uang.(beraatt dah bahasa gw)
Kalian harus bisa mengontrol pengeluaran. Kalau kita terus-terusan ga bisa mengatur pengeluaran kita, nanti kita bisa terperangkap pada pola hidup besar pasak dari pada tiang. Kalau udah begini, kalian akan tekoorrrr terusss, dari pola hidup seperti itu nantinya kita akan memiliki pola hidup mengutang . padahal utang itu dosa lohhh. (abaikan)
Intinya, jika kita mengatur uang dari sekarang, akan membuat kita lebih bertanggung jawab terhadap uang kedepannya.

2. PRIORITAS KEBUTUHAN

Agar semua kebutuhan kita terpenuhi sebaiknya kita membuat daftar prioritas, caranya gampang banget .
 Tulis kebutuhan yang kita perlukan, lalu kebutuhan yang terpenting barada di urutan pertama, yang selanjutnya diikuti oleh kebutuhan yang masih bisa ditunda. Jika kebutuhan yang penting-penting udah terpenuhi, baru deh kita bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya. Jadi mengutamakan kebutuhan primer gituuuu.

Jangan lupa juga daftar prioritas tersebut disertai dengan budget, dan daftar prioritas tersebut dibuat secara tertulis pada awal bulan, lalu saat akhir bulan kita koreksi lagi dengan anggaran budget kita, jadi kita tau pengeluaran kita itu banyaknya untuk apa, dengan begitu kita dapat mengontraol keuangan kita untuk bulan depan. Dan yang paling penting adalah belajar disiplin terhadap daftar prioritas yang kita buat.

3. PENYELESAIAN TUNGGAKAN HUTANG
Coba yuk kita ingat-ingat apakah kita punya utang ama temen atau saudara. Kalo kalian punya utang, berarti utang harus dicatat pada daftar prioritas paling utama. Kalau utang piutang udah beres, baru deh kita bisa berbelanja dengan tenang tanpa memikirkan utang.
Jangan menyelesaikan utang dengan minjem ke tempat lain. Itu mah namanya gali lobang tutup lobang atuuuuhh, sama aja gitu. Malah nambah utang kita semakin menumpukk. Berhutang ga akan menyelesaikan masalah, tetapi membuat masalah tambah banyak. Sebelum kita terjerat utang, lebih baik menahan napsu belanja yang ga penting dehh yah.

4. MARKIBUNGGG (MARI KITA MENABUNG)
Bagi orang yang pemboros, pasti suliit banget deh buat menabng. Gw juga termasuk si, hahaha. Walaupun Cuma sedikit uang yang kita tabung, ingat aja sama pepatah lama sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, nanti banyak juga kok, yang penting mah disiplin. Jadi kalo punya tabungan kan enak, setiap ada keperluan mendadak kita punya simpenan. Dengan belajar menabung, kita sama aja belajar disiplin dan lebih bertanggung jawab mengguanakan iss dompet kita.

5. MENCARI UANG SAKU TAMBAHAN
Mari yuk mari kia isi waktu luang kita dengan hal yang lebih bermanfaat. Banyak cara kalau kita pengen menambah uang saku kok,. Misalnya:
* Bikin kerajinan hand made, yang layak jual
* Kerja part time
* Jadi penulis, penyiar, freelancer, dan lain-laon
* Jualan pulsaaaa, dll
Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah uang saku, nanti dehh gw kasih cara yang lebih akurat biar kalian masih merasa bingung dengan cara apa. Intinya kita harus tekun jika memulai suatu usaha, hilangin juga rasa malu dan malas yaaah. Yang penting kan yang kitav lakukan pekerjaan halal.
Nah itu tadi jurus terjitu dari gw untuk mengatur isi dompet, intinya seberapa banyak uang kalian, yuuk kita belajar menagtur nyadari sekarang, agar kita lebih bijak terhadap uang kedepannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar